PROJEK P5 REKAYASA DAN TEKNOLOGI SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI - SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI

Cari Blog Ini

Terbaru

Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Mei 2024

PROJEK P5 REKAYASA DAN TEKNOLOGI SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI

SMPN 9 Tebing Tinggi melaksanakan projek P5 bertema Rekayasa Teknologi dengan Topik : "Generasi Milenial Petani Hidroponik" pada semester ganjil 2023-2024.

Tidak dapat dipungkiri bahwa lahan pertanian semakin menyempit dan tergantikan oleh rumah-rumah penduduk. Perkembangan urbanisasi dan pertumbuhan populasi telah menyebabkan konversi lahan pertanian menjadi kawasan perumahan, komersial, atau infrastruktur lainnya. Fenomena ini memberikan tantangan yang signifikan bagi petani generasi milenial dan sektor pertanian secara keseluruhan.

Namun, dalam menghadapi situasi ini, Petani generasi milenial menunjukkan kekreatifan dan inovasi mereka. Mereka mencari solusi yang dapat mengatasi keterbatasan lahan pertanian dan tetap memenuhi kebutuhan pangan yang meningkat.

Hidroponik menjadi jawaban untuk permasalahan ini, konsep ini menggabungkan pertanian dengan lingkungan perkotaan. Mereka menggunakan lahan terbatas yang tersedia, seperti atap bangunan, balkon, pekarangan kecil, atau bahkan dinding vertikal untuk menanam tanaman. Konsep seperti kebun vertikal, taman atap, dan hidroponik menjadi populer di kalangan mereka. Dengan memanfaatkan teknik ini, mereka dapat memproduksi sejumlah bahan pangan dalam lingkungan perkotaan yang terbatas.

Projek ini diharapkan mampu membuat para siswa lebih berpikir kritis, mencintai alam dan berani untuk melakukan suatu hal baru.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar